Standard Operational Procedure

SOP Pengecekan AC

  1. Salam senyum sapa
  2. Melakukan koordinasi awal dengan Customer
  3. Melihat dan mempelajari Area kerja
  4. Mempersiapkan Peralatan Kerja dan mengamankan Area Kerja
  5. Menghidupkan Unit
  6. Melakukan Pengukuran Arus Masuk
  7. Melakukan Pengukuran tekanan Rerigerant Dischard dan Suchtions
  8. Memasikan kondisi Modul
  9. Meyimpulkan hasil pengecekan Melakukan pelaporan, advice kepada Pelanggan dan menerangkan Garansi Pekerjaan.
  10. Mengembalikan barang-barang yang digunakan atau digeser pada proses Pekerjaan
  11. Meminta persetujuan penyelesaian Pekerjaan kepada Pelanggan
  12. Melakukan penagihan pekerjaan
  13. Memastikan Sistem Pembayaran ( Cash, Transfer Bank, Cashless )
  14. Pakerjaan selesai
  15. Berpamitan dengan sopan dan ucapkan terimakasih kepada Pelanggan

SOP Maintenance AC ( Service Cleaning )

  1. Salam senyum sapa
  2. Melakukan koordinasi awal dengan Customer
  3. Melihat dan mempelajari lingkungan Area kerja
  4. Mempersiapkan Peralatan Kerja dan mengamankan Area Kerja
  5. Menghidupkan Unit
  6. Memasang Tangga
  7. Melakukan Pengecekan awal dengan tindakan
  8. Membuka Grille Indoor
  9. Memasang Alat penampung Air
  10. Melakukan Pengamanan terhadap modul
  11. Bilamana diperlukan maka dapat di semprotkan Chemichal pada Evaporator ( dalam kasus unit terlalu kotor )
  12. Melakukan penyemprotan pada Evaporator dan blower indoor hingga dianggap bersih
  13. Melakukan penyemprotan pada pembuangan air ( Drainase )
  14. Melakukan persiapan penyelesaian pekerjaan indoor
  15. Melakukan persiapan pekerjaan pada unit Outdoor
  16. Melakukan penyemprotan pada unit Outdoor
  17. Melakukan pengetesan Unit ( menyalakan unit )
  18. Melakukan pemeriksaan akir
  19. Merapikan /memasang Grille Indoor
  20. Melakukan Pencatatan hasil pekerjaan bilamana di temukan kelainan dan hasil yang tidak sesuai dengan Standart kelayakan operasi pada Unit
  21. Melakukan pelaporan, advice kepada Pelanggan dan menerangkan Garansi Pekerjaan.
  22. Mengembalikan barang-barang yang digunakan atau digeser pada proses Pekerjaan
  23. Meminta persetujuan penyelesaian Pekerjaan kepada Pelanggan
  24. Melakukan penagihan pekerjaan
    Memastikan Sistem Pembayaran ( Cash, Transfer Bank, Cashless )
  25. Pakerjaan selesai
  26. Berpamitan dengan sopan dan ucapkan terimakasih kepada Pelanggan

SOP Instalasi AC Split ( Unit baru )

  1. Salam senyum sapa
  2. Melakukan koordinasi awal dengan Customer
  3. Melihat dan mempelajari lingkungan Area kerja
  4. Memastikan Posisi Indoor, Posisi Outdoor, Posisi Pembuangan Air dan Posisi Power Listrik
  5. Mempersiapkan Peralatan Kerja dan mengamankan Area Kerja
  6. Memastikan Kondisi Unit dalam keadaan baik
  7. Memastikan perlengkapan Unit sesuai dengan ketentuan Pembelian dari Customer ( pipa refrigerant, drain, duct tape, kabel control, braket, nepel )
  8. Memastikan perlengkapan Unit Pabrikan
  9. Memastikan Kartu Garansi
  10. Memastikan kesesuaian kapasitas Unit Indoor dan Outdoor
  11. Melaporkan kondisi pengecekan Unit kepada Pelanggan ( Lengkap atau tidak lengkap )
  12. Melakukan pemasangan Indoor
  13. Melakukan Instalasi Pipa Refrigerant dan pipa drain
  14. Melakukan Intalasi Outdoor
  15. Melakukan koneksi pipa, control dan power
  16. Melakukan Pemakuman instalasi
  17. Melakukan Commosoining
  18. Melakukan pengukuran Arus yang dikonsumsi ( Ampere )
  19. Melakukan pengukuran Refrigerant ( Freon)
  20. Melihat fungsi pembuangan
  21. Mengecek fungsi Remote Control
  22. Membuat informasi hasil pemasangan
  23. Melaporkan hasil pemasangan kepada Pelanggan
  24. Memberikan Advice dan Keterangan pengoperasian ( Remote, Perawatan dll )
  25. Menyelesaiakan Pembayaran
  26. Pekerjaan selesai
  27. Berpamitan dengan sopan dan ucapkan terimakasih kepada Pelanggan