Pengertian AHU dan FCU

0
357

Dalam dunia industri HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning), terdapat dua perangkat yang sangat penting, yaitu AHU (Air Handling Unit) dan FCU (Fan Coil Unit). AHU dan FCU adalah dua komponen utama dalam sistem pengaturan udara di bangunan komersial, perkantoran, dan pabrik. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian, fungsi, serta perbedaan antara AHU dan FCU.

Air Handling Unit (AHU)

Air Handling Unit (AHU) adalah perangkat yang bertanggung jawab untuk mengontrol dan mengatur aliran udara dalam sistem HVAC. AHU biasanya terletak di ruang mekanik atau ruang teknis bangunan dan berfungsi untuk menghasilkan, mengatur, dan mendistribusikan udara segar ke seluruh ruangan.

AHU terdiri dari beberapa komponen penting seperti blower, filter udara, pemanas, pendingin, humidifier, dan dehumidifier. Blower berfungsi untuk menggerakkan udara melalui sistem, sedangkan filter udara digunakan untuk menyaring partikel dan kotoran dari udara yang masuk.

Pemanas dan pendingin pada AHU digunakan untuk mengatur suhu udara yang keluar dari sistem. Pemanas digunakan saat cuaca dingin untuk memanaskan udara sebelum didistribusikan ke ruangan, sementara pendingin digunakan saat cuaca panas untuk mendinginkan udara sebelum didistribusikan.

Humidifier dan dehumidifier pada AHU digunakan untuk mengatur kelembaban udara. Humidifier digunakan saat cuaca kering untuk menambah kelembaban udara, sementara dehumidifier digunakan saat cuaca lembap untuk mengurangi kelembaban udara.

Fan Coil Unit (FCU)

Fan Coil Unit (FCU) adalah perangkat yang digunakan untuk mengontrol suhu udara di dalam ruangan. FCU biasanya terpasang di dinding atau langit-langit ruangan dan berfungsi untuk mengalirkan udara dingin atau panas ke ruangan.

FCU terdiri dari kumparan pendingin atau pemanas dan kipas. Kumparan pendingin atau pemanas akan mengubah suhu udara yang melewatinya, sementara kipas berfungsi untuk mengalirkan udara ke ruangan.

FCU dapat dikendalikan secara individu untuk setiap ruangan, sehingga setiap penghuni atau pengguna ruangan dapat mengatur suhu sesuai dengan preferensinya. Hal ini membuat FCU menjadi solusi yang fleksibel dan efisien untuk mengatur suhu udara di ruangan-ruangan tertentu.

Perbedaan Antara AHU dan FCU

Meskipun AHU dan FCU memiliki fungsi yang serupa dalam sistem HVAC, terdapat beberapa perbedaan penting antara keduanya.

1. Lokasi Pemasangan: AHU biasanya terletak di ruang mekanik atau ruang teknis bangunan, sedangkan FCU terpasang di dinding atau langit-langit ruangan.

2. Ruang Lingkup Kontrol: AHU mengontrol dan mengatur aliran udara dari satu sumber ke beberapa ruangan, sedangkan FCU mengontrol suhu udara di dalam ruangan secara individu.

3. Komponen Utama: AHU terdiri dari blower, filter udara, pemanas, pendingin, humidifier, dan dehumidifier, sedangkan FCU terdiri dari kumparan pendingin atau pemanas dan kipas.

4. Kapasitas: AHU memiliki kapasitas yang lebih besar daripada FCU, karena AHU harus mampu mengatur aliran udara untuk beberapa ruangan sekaligus.

5. Fleksibilitas: FCU lebih fleksibel daripada AHU, karena setiap FCU dapat dikendalikan secara individu untuk setiap ruangan. Hal ini memungkinkan penghuni atau pengguna ruangan untuk mengatur suhu sesuai dengan preferensinya.

6. Pemasangan dan Perawatan: Pemasangan dan perawatan AHU membutuhkan ruang yang lebih besar dan lebih kompleks daripada FCU. AHU juga membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga kualitas udara yang dihasilkan.

Contoh Penerapan AHU dan FCU

Untuk lebih memahami penggunaan AHU dan FCU dalam sistem HVAC, berikut adalah contoh penerapannya dalam beberapa bangunan:

1. Bangunan Komersial: Dalam bangunan komersial seperti pusat perbelanjaan atau gedung perkantoran, AHU digunakan untuk menyediakan udara segar ke seluruh ruangan. AHU akan menjaga kualitas udara dalam ruangan dengan menyaring partikel dan kotoran yang masuk. FCU digunakan dalam ruangan-ruangan tertentu untuk mengatur suhu udara sesuai dengan preferensi penghuni atau pengguna ruangan.

2. Pabrik: Dalam pabrik, AHU digunakan untuk mengatur aliran udara dalam ruangan produksi. AHU akan mengatur suhu dan kelembaban udara agar sesuai dengan kebutuhan proses produksi. FCU juga digunakan dalam ruangan-ruangan tertentu seperti ruang kantor atau ruang istirahat untuk mengatur suhu udara sesuai dengan preferensi karyawan.

3. Rumah Sakit: Dalam rumah sakit, AHU sangat penting untuk menjaga kualitas udara di ruang operasi atau ruang isolasi. AHU akan menyediakan udara bersih yang bebas dari partikel dan kuman. FCU juga digunakan dalam ruang pasien untuk mengatur suhu udara sesuai dengan kebutuhan pasien.

Dalam semua contoh di atas, AHU dan FCU bekerja secara bersama-sama untuk menciptakan kondisi udara yang nyaman dan sehat di dalam bangunan. AHU bertanggung jawab untuk menyediakan udara segar dan mengatur aliran udara, sementara FCU bertanggung jawab untuk mengatur suhu udara di ruangan-ruangan tertentu.

Kesimpulan

AHU dan FCU adalah dua perangkat utama dalam sistem HVAC yang digunakan dalam bangunan komersial, perkantoran, dan pabrik. AHU berfungsi untuk mengontrol dan mengatur aliran udara dari satu sumber ke beberapa ruangan, sedangkan FCU berfungsi untuk mengatur suhu udara di dalam ruangan secara individu.

Perbedaan utama antara AHU dan FCU terletak pada lokasi pemasangan, ruang lingkup kontrol, komponen utama, kapasitas, fleksibilitas, serta pemasangan dan perawatan. AHU memiliki kapasitas yang lebih besar dan membutuhkan ruang pemasangan yang lebih besar dan kompleks, sedangkan FCU lebih fleksibel dan dapat dikendalikan secara individu.

Dalam penerapannya, AHU dan FCU bekerja secara bersama-sama untuk menciptakan kondisi udara yang nyaman dan sehat di dalam bangunan. AHU menyediakan udara segar dan mengatur aliran udara, sementara FCU mengatur suhu udara di ruangan-ruangan tertentu. Dengan penggunaan yang tepat, AHU dan FCU dapat meningkatkan kualitas udara dan kenyamanan di dalam bangunan.

—————————————————

Pengadaan ahu dan fcu

Pengadaan AHU dan FCU Jakarta, Pengadaan AHU dan FCU Jakarta Timur, Pengadaan AHU dan FCU Jakarta Utara, Pengadaan AHU dan FCU Jakarta Pusat, Pengadaan AHU dan FCU Jakarta Barat, Pengadaan AHU dan FCU Jakarta Selatan, Pengadaan AHU dan FCU Bintaro, Pengadaan AHU dan FCU BSD, Pengadaan AHU dan FCU Depok, Pengadaan AHU dan FCU Bogor, Pengadaan AHU dan FCU Tangerang, Pengadaan AHU dan FCU Bekasi, Pengadaan AHU dan FCU Cibitung, Pengadaan AHU dan FCU Tambun, Pengadaan AHU dan FCU Cikarang, Pengadaan AHU dan FCU Karawang, Pengadaan AHU dan FCU Purwakarta, Pengadaan AHU dan FCU Subang, Pengadaan AHU dan FCU Bandung, Pengadaan AHU dan FCU Cimahi, Pengadaan AHU dan FCU Cirebon, Pengadaan AHU dan FCU Tangerang Selatan, Pengadaan AHU dan FCU Serang, Pengadaan AHU dan FCU Cilegon

————————————————

PT. Hasta Prakarsa Cipta merupakan Perusahaan yang bergerak dibidang Pendingin dan Tata Udara di Indonesia.
Layanan service peralatan Pendingin Ruang dan Industri seperti : Air Conditioner (AC), Air Handling Unit dan Fan Coil Unit (AHU/FCU), Precision Air Conditioner (PAC), Air Dryer dan Chiller, Pengadaan dan Penggantian Sparepart, Perbaikan Mayor, Overhaul dan Bongkar Pasang. Kontrak dingin dan Kontrak preventive maintenance atau Kontrak Service.
Pengadaan AC Daikin, Pengadaan AC VRV Daikin, Pengadaan dan Pemasangan AC segala Merk. Pengadaan AC Split Duct dan Pembuatan Fabrikasi Ducting PU (Ducting Polyurethane ) dan BJLS ( Baja Lapis Seng ).
Perancangan dan Perakitan PLC (Programmable Logic Controller), BAS  (Building Automation System) untk Kontrol khusus Pendingin dan Tata Udara Gedung.
Kebutuhan Pembuatan Cold Storage, Cold Room, Air Blast Freezer dan Custom Chiller, kami siap melayani Anda.

LEGALITAS PERUSAHAAN  :

Akta Pendirian : No.03 Tanggal 21 Desember 2010 Notaris Muhammad Al-Baikuni, SH
Akta Perubahan : No.01 Tanggal 19 Januari 2022 Notaris Muhammad Al-Baikuni, SH
SK Menkum HAM : AHU-00562.AH.01.01.Tahun 2011
SK Perubahan : AHU-0005261.AH.01.02.Tahun 2022
NIB : 0220009312747
N.P.W.P. 15 : 03.079.354.1-009.000
N.P.W.P. 16 : 0030793541009000
SKT : S-3279KT/WPJ.20/KP.0803/2017
SPPKP : S-72PKP/WPJ.20/KP.0803/2017
SBU : 0 – 3172 – 08 – 153 – 1 – 09 – 9237073
Ahli K3 Umum : NOMOR 5/ 6660/ AS.02.04/V/ 2021
Kompetensi Teknisi :
1. Level III BNSP
2. Level IV Teknisi AC Central Dan Chiller BNSP
3. Level IV Teknisi AC Komersial dan Sistem VRF BNSP
4. Level IV Refrigerasi Komersial dan Industri BNSP
5. Teknisi Ahli Konstruksi
MEKANIK HEATING VENTILATION DAN AIR CONDITION (HVAC) – KELAS I LPJK
6. Level V Teknisi Regriferasi F-Gas BNSP

Seluruh Tenaga kerja kami telah dibekali Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

Alamat Perusahaan :
Kantor Pusat : Jl. Raya Centex No.03 Ciracas, Ciracas Jakarta 13740 Indonesia
Kantor operasional : Grha Hasta Lt.2 Jl. Jatisari No.111 Pekayon Pasar Rebo Jakarta 13710
Branch Bandung : Jl. Cigadung Raya Timur No.41, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40191
Branch Wonogiri : Jl. Hargopuro No.1 Dusun Bugelan Desa Bugelan Kismantoro Wonogiri Jawa Tengah 57696
Branch Ponorogo : Jl. Brawijaya Mantup, Ngasinan, Kec. Jetis, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63473

Telepon : 021-2982 3777 021-2984 1777
Telp WA : 0819-9090-7000
Telp WA : 0878-8459-4222
Telp WA : 0817-999-1643
Email : info@hastaprakarsa.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here