Barangkali kita sebagai orang yang berkecimpung dalam dunia Teknik Mesin, sedikit lebih “ngeh” dibandingkan dengan seseorang yang latar belakang pendidikanya dari ilmu sosial, misalnya..!! Tatkala kita mendengar pembicaraan orang lain atau bahkan kita sendiri yang hendak memutuskan membeli AC berapa PK untuk sebuah ruangan/kamar di rumah…maka apa yang ada dalam benak saudara pada waktu itu?apakah hanya cukup dengan feeling saja, ataukah perlu perhitungan khusus agar diperoleh hasil yang akurat mengenai kebutuhan PK AC??Nah, dalam postingan kali ini, saya akan coba berbagi, bagaimana melakukan perhitungan itu?check it out!!

Contoh kasus:

Hitung berapa energi/panas yang harus diambil dari udara, supaya kamar ukuran 3x3x3m suhunya dari 30’C turun menjadi 25’C. Dibutuhkan AC berapa PK untuk mendapatkan kondisi temperatur seperti diatas (25’C)

Dengan rumus ini :
∆Q=m.c.∆T

∆Q – Penambahan atau pengurangan Energi

c – kalor jenis (kalor jenis udara : 1005 Joule/(kg ‘C)

m – massa atau berat = volume x berat jenis (berat jenis udara : 1.2 kg/m3)

∆T – perbedaan suhu (suhu akhir – suhu awal)

SEHINGGA:

∆Q = 1005 x 27 x 1.2 x (25 – 30) = – 162810 Joule

dengan 1 Joule = 0.00095 BTU

∆Q = – 155 BTU

Tanda minus ( – ) menandakan energi harus diambil/dibuang dari dalam kamar.

Dengan AC 1/2 PK yang kemampuan membuang panas sebesar 5000 BTU/Jam, maka suhu udara kamar akan turun dari 30’C ke 25’C dalam waktu 112 detik..Ups!! apa yang salah? Realitanya tidak akan pernah secepat it..!!

Tidak ada yang salah dengan rumus dan angka diatas. Itu bisa terjadi apabila udara di dalam kamar tidak mendapat tambahan energi (panas) sama sekali, entah dari dinding kamar (dengan asumsi suhu dinding kamar 30’C sama dengan suhu udara mula-mula), lantai atau plafon.

SUMBER